Berita Nusantara

Berita Dunia, Gosip, Bisnis, Artis, Humor, olahraga.

2010, Gonjang-ganjing Politik “Bergoyang” Lebih Hebat

Percaturan politik Indonesia diprediksi semakin memanas pada tahun 2010. Pengamat politik Universitas Indonesia, Maswadi Rauf, memprediksi bahwa gonjang-ganjing politik akan “bergoyang” lebih hebat. Kasus Bank Century dinilai sebagai salah satu pemicunya.

Dugaan keterlibatan sejumlah orang, seperti mantan Gubernur BI, Boediono, yang kini menjabat Wakil Presiden, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan dugaan mengalirnya dana ke Tim Kampanye Partai Demokrat, membuat kasus ini akan menjadi ganjalan jika tak terselesaikan.

Kasus ini, menurut Maswadi, akan menentukan status politik dan hukum Boediono serta legitimasi pemerintahan SBY. “Kasus Century akan menjadi isu penting pada tahun 2010. Kalau tidak terbukti, selesai. Yang jadi masalah, kalau kasus ini menunjukkan keterlibatan Wapres dan Menteri Keuangan dan menyeret hingga ke jalur hukum. Menurut saya, tahun 2010 kita akan menghadapi masalah politik yang lebih rumit dan gonjang-ganjing politik lebih hebat dibanding 2009,” papar Maswadi, Sabtu (2/1/2010) kepada Kompas.com.

Kasus Century, lanjut Maswadi, bagai buah simalakama bagi SBY. Jika tak dituntaskan, maka pemerintahannya akan menghadapi krisis kepercayaan dari masyarakat. Sebaliknya, jika diusut, maka tak menutup kemungkinan akan menyeret orang-orang penting yang saat ini berada di lingkaran dalamnya. “Bangsa kita ini saya ibaratkan seperti judul novel sebelum kemerdekaan, Tak Putus Dirundung Malang. Ada saja persoalan politik yang menyedot perhatian pemerintah sehingga tidak fokus bekerja untuk kepentingan rakyat. Century itu malapetaka bagi Indonesia,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Januari 3, 2010 by in Nasional and tagged , .
%d blogger menyukai ini: