Berita Nusantara

Berita Dunia, Gosip, Bisnis, Artis, Humor, olahraga.

Jemaah Nonkuota Harus Ditertibkan

Penyelenggaraan ibadah haji tahun 2009 telah selesai dilakukan, ditandai dengan kepulangan kloter terakhir jemaah haji ke Tanah Air. Pelayanan haji yang umumnya berjalan baik terganggu dengan keberadaan jemaah nonkuota yang tidak terdaftar di Departemen Agama.

Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Departemen Agama (Depag) A Ghofur Djawahir, Sabtu (2/1), mengatakan, hampir semua jemaah haji sudah kembali ke Tanah Air. Tinggal sembilan anggota jemaah yang belum dipulangkan karena masih dirawat di sejumlah rumah sakit di Arab Saudi.

Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali berjanji akan menyempurnakan sistem penyelenggaraan ibadah haji, baik menyangkut jarak pondokan ke Masjidil Haram, Mekkah, sistem transportasi, katering, kesehatan, maupun jemaah haji nonkuota.

Dari total 206.368 anggota jemaah haji, baik jemaah reguler maupun jemaah haji khusus, sebanyak 206.047 sudah kembali ke Tanah Air. Sebanyak 312 anggota jemaah lain meninggal dunia dan dikebumikan di tanah suci.

Jumlah jemaah yang meninggal mengalami penurunan hingga 37 persen dari tahun sebelumnya atau turun 186 dari total jemaah meninggal tahun lalu yang mencapai 498 orang.

Ghofur menegaskan, turunnya jumlah kematian jemaah menjadi salah satu indikator keberhasilan pelayanan haji tahun ini. ”Artinya ada peningkatan pelayanan kesehatan, pemondokan, dan pelayanan lainnya,” ujarnya.

Depag mengklaim, secara umum penyelenggaraan ibadah haji tergolong sukses. Penyelenggaraan ibadah haji tahun ini lebih baik daripada tahun sebelumnya.

Selain penurunan jumlah jemaah meninggal, indikator keberhasilan lain adalah menurunnya jumlah pengaduan atau laporan keluhan atas pemondokan. Tahun lalu Depag menerima 87 pengaduan, tetapi tahun ini hanya lima laporan keluhan.

Di Madinah, 84 persen jemaah haji Indonesia tinggal di Ring I dan 16 persen di Ring II yang berjarak paling jauh 600 meter dari Masjid Nabawi. Pemondokan di Madinah umumnya memiliki fasilitas seperti di hotel berbintang empat. Adapun di Mekkah, tahun ini tak ada lagi jemaah yang tinggal di Ring III, berjarak lebih dari 8.000 meter dari Masjidil Haram. Sebanyak 26,4 persen jemaah tinggal di Ring I dengan jarak kurang dari 2.000 meter dan 73,6 persen tinggal di Ring II dengan jarak terjauh 7.000 meter dari Masjidil Haram.

Indikator keberhasilan lain adalah pelayanan katering. ”Ada sedikit keluhan pada saat wukuf dan ternyata itu terjadi karena ada haji nonkuota yang masuk tenda sehingga ada kekurangan, tetapi langsung teratasi,” ujarnya.

Gangguan

Setelah melakukan evaluasi, Depag menyimpulkan, satu-satunya gangguan dalam penyelenggaraan ibadah haji adalah adanya jemaah haji nonkuota. Jumlah mereka yang terpantau Depag mencapai 3.750 orang. Mereka tidak terdaftar di Depag dan rata-rata telantar saat berada di tanah suci.

Para jemaah nonkuota itu berangkat ke tanah suci dengan menggunakan jasa biro perjalanan. Mereka mudah masuk ke tanah suci karena Pemerintah Arab Saudi tidak lagi memberlakukan paspor coklat, paspor khusus jemaah haji. Cukup dengan menggunakan paspor hijau atau paspor internasional dan mengantongi visa dari Kedutaan Besar Arab Saudi, mereka sudah bisa masuk ke tanah suci.

Sementara itu, Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat Abdul Kadir Karding belum bisa menyimpulkan apakah penyelenggaraan ibadah haji berhasil atau tidak. Komisi VIII baru akan menggelar rapat evaluasi pada masa sidang pertama, 5 Januari.

”Kalau hasil sementara pemantauan tim Komisi VIII, memang masih ditemukan beberapa kekurangan, seperti kondisi pemondokan yang masih jauh, akomodasi atau pemondokan yang kurang layak, dan masalah transportasi,” katanya menjelaskan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Januari 3, 2010 by in Nasional and tagged , .
%d blogger menyukai ini: