Berita Nusantara

Berita Dunia, Gosip, Bisnis, Artis, Humor, olahraga.

Petinggi BI Terlalu Percaya pada Bawahannya

Anggota Pansus Hak Angket Pengusutan Kasus Bank Century DPR Maruarar Sirait mendapatkan kesan para petinggi Bank Indonesia (BI) selama ini terlalu percaya pada bawahannya dalam membuat kebijakan.

Kesan ini diperolehnya dari keterangan sejumlah petinggi BI yang dipanggil Pansus pada akhir Desember lalu, seperti Burhanuddin Abdullah, Miranda Gultom, dan Budi Rohadi. “Saya dengar dari mantan-mantan pejabat BI ternyata sering menyerahkan di level menengah. Jadi dia sendiri tidak tahu (soal kebijakan),” tuturnya di Gedung DPR, Jakarta, Senin (4/1/2010).

Maruarar berharap, hal ini tidak terjadi di level eksekutif pemerintahan. Jangan sampai, sebagai Presiden, Susilo Bambang Yudhoyono tidak memperoleh keterangan yang benar dari para pembantunya.

Dalam kesempatan itu, Maruarar juga kembali menegaskan, dalam kasus Bank Century, DPR telah melakukan penolakan terhadap Perppu Nomor 4 Tahun 2008 tentang Jarin g Pengaman Sistem Keuangan (JPSK) dalam paripurna 18 Desember yang dijadikan dasar pengucuran dana talangan. Dengan demikian, penyelamatan Bank Century tidak memiliki dasar hukum.

“Sama juga dengan pandangan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan). Pengucuran dana setelah itu tak ada dasar hukumnya. Artinya DPR dan BPK punya pandangan yang sama,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Januari 4, 2010 by in Nasional and tagged , , .
%d blogger menyukai ini: