Berita Nusantara

Berita Dunia, Gosip, Bisnis, Artis, Humor, olahraga.

Keamanan ATM Tanggung Jawab Bank

Salah satu faktor utama yang menyebabkan kejahatan di ATM adalah keamanan yang tidak terjamin. Banyak ATM yang tidak dilengkapi sistem keamanan memadai sehingga dengan mudah dimanfaatkan pelaku kejahatan.

“Saya kira Bank Indonesia harus lebih menekankan bahwa salah satu bagian IT security di perbankan adalah keamanan ATM. Bagaimana kalau bisa disusupi?” ujar Ruby Z Alamsyah, pakar forensik teknologi informasi, kepada Kompas.com, Rabu (20/1/2010).

Ia mengatakan, faktanya masih ada ATM yang tidak dilengkapi kamera CCTV. Meski demikian, menurut Ruby, kamera CCTV saja pun tak cukup untuk menjamin keamanan karena tidak jarang kamera yang dipasang tidak aktif atau diputar ke arah lain.

“Saya memuji bank yang semua ATM-nya dijaga petugas security,” kata Ruby. Ia menyebut sebuah bank yang menurut pengamatannya punya kebijakan bahwa di setiap fasilitas ATM terdapat petugas keamanan. Sayangnya, bank besar yang ekspansif sering kali mengabaikan hal tersebut.

Padahal, jelas Ruby, keamanan bertransaksi di ATM merupakan bagian dari hak konsumen yang harus dipenuhi pihak bank. Apalagi, selama ini konsumen juga telah dibebani biaya tambahan untuk layanan tersebut.

<!–/ halaman berikutnya–>

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Januari 21, 2010 by in Nasional and tagged , , , , , .
%d blogger menyukai ini: