Berita Nusantara

Berita Dunia, Gosip, Bisnis, Artis, Humor, olahraga.

Boediono dan Ani Paling Bertanggung Jawab, SBY Aman!

Perdebatan mengenai siapa sosok yang paling bertanggung jawab terhadap kasus bail out Bank Century terus bergulir. Sejumlah nama, terasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pun tak luput dari sangkaan.

Sebagian besar publik masih meyakini bahwa Wakil Presiden Boediono, yang waktu itu menjabat sebagai Gubernur BI, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani merupakan pihak yang paling bertanggung jawab mengambil keputusan bail out Century.

Demikian hasil survei Indo Barometer yang dilansir, Minggu (24/1/2010), di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta.

Menurut survei yang dilakukan di bulan Januari ini, 43,3 persen masyarakat menilai Menkeu Sri Mulyani dan Gubernur BI saat itu Boediono sebagai sosok yang bertanggung jawab penuh terhadap dana talangan Bank Century.

Hal itu berbeda cukup jauh dengan penilaian publik terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Hanya 10,4 persen publik yang mengatakan bahwa SBY merupakan sosok yang paling bertanggung jawab dalam kisruh Bank Century.  “Sedangkan masyarakat yang mengatakan tidak tahu 46,3 persen,” kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari.

Survei juga meneliti pendapat publik apakah ketiga sosok tersebut telah melakukan tindakan yang tepat dalam melakukan penyelamatan terhadap Bank Century. Hasilnya, sebagian besar publik menyatakan Sri Mulyani dan Boediono telah melakukan kesalahan dengan menyelamatkan Bank Century.

Sebesar 43,0 persen menyatakan Sri Mulyani telah bertindak salah dengan mengalirkan dana talangan Bank Century. Berbeda tipis dengan yang mengatakan Sri Mulyani bertindak benar sebesar 32,8 persen. Sisanya 24,3 persen mengaku tak tahu.

Hal yang sama terjadi pada Wapres Boediono. Sebanyak 46,1 persen publik menyatakan Boediono telah melakukan kesalahan dalam kasus Century. Sedangkan 30,3 persen mengatakan tindakan Boediono sudah tepat. Tersisa 23,7 persen publik mengatakan tidak tahu.

SBY Aman

Penilaian publik justru berbeda terhadap Presiden SBY. Jika Boediono dan Sri Mulyani diyakini sebagian besar publik melakukan kesalahan, SBY justru dinilai telah melakukan tindakan yang tepat. Sebesar 52,8 persen masyarakat mengatakan tindakan SBY sudah tepat dalam kasus penyelamatan Bank Century. Hanya 24,8 persen yang mengatakan SBY telah bertindak salah. Sisanya 22,4 persen mengatakan tidak tahu.

Indo Barometer melakukan survei publik bertajuk “Kasus Century di Mata Publik” ini pada 8-18 Januari 2010. Survei dilakukan di 33 provinsi se Indonesia dengan responden sebanyak 1200 orang. Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan margin of error sebesar kurang lebih 3,0 persen.

“Survei ini dibiayai dari Indo Barometer sendiri. Dengan subsidi silang dengan kegiatan lainnya,” kata Qodari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Januari 24, 2010 by in Nasional and tagged , , , .
%d blogger menyukai ini: