Berita Nusantara

Berita Dunia, Gosip, Bisnis, Artis, Humor, olahraga.

Weleh..Weleh..Presiden Sudan Dilempar Sepatu

Entah apa yang ada di benak Presiden Sudan Omar Hassan Al Bashir, boleh jadi ia mungkin sangat malu setelah Senin kemarin, seorang pria melemparinya dengan sepatu dalam sebuah konferensi publik di ibukota. Melempar sepatu adalah penghinaan dalam budaya Arab.  

Seorang saksi mengatakan, pria tak dikenal itu ditahan oleh sekitar 10 pengawal presiden, meski sepatu yang dilemparkannya tak mengenai orang yang diburu oleh pengadilan pidana internasional atas kejahatan perang yang dilakukannya di wilayah Darfur.

Kantor berita negara Suna melaporkan, tidak jelas mengapa pria itu melemparkan sepatu saat menghadiri konferensi. Kuat dugaan, dia mengalami masalah dengan kejiwaan.

Dalam budaya Arab, menunjukkan telapak sepatu (melempar) kepada seseorang adalah sesuatu yang kasar. Utuk menjalankan ibadah, sepatu mesti ditinggalkan di depan pintu masjid.

Mantan Presiden AS George W Bush sebelumnya juga menerima penghinaan serupa, ketika 2008 lalu, seorang wartawan Irak melemparkan kedua sepatu kepadanya. “Orang itu dekat dengan podium dan melemparkan sepatu tapi tidak mengenainya,” kata seorang saksi.

Ia mengatakan, insiden itu tampaknya mengejutkan puluhan pejabat yang berkumpul untuk konferensi membicarakan rencana strategis memerintah Sudan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Januari 26, 2010 by in Internasional and tagged , , , , .
%d blogger menyukai ini: