Berita Nusantara

Berita Dunia, Gosip, Bisnis, Artis, Humor, olahraga.

Mengapa Pria Harus Mengeluarkan Banyak Sperma Waktu Ejakulasi

Mengapa pria dewasa sehat dapat melepaskan 40 juta hingga 1,2 miliar sel sperma saat ejakulasi?. Padahal tidak banyak sperma yang dibutuhkan untuk menghasilkan keturunan.

Sebaliknya, wanita yang lahir dengan rata-rata 2 juta folikel yang merupakan struktur reproduksi untuk memunculkan telur.

Sementara hanya butuh satu sperma dan satu telur untuk bertemu dan membuat bayi, lalu mengapa para pria menghasilkan sejumlah besar sperma?

Bukankah jadi tidak boros bagi seorang pria untuk mengeluarkan sperma tunggal, atau setidaknya lebih sedikit untuk bertemu dengan satu telur?

Alasan untuk masalah ini bermuara pada dua kata, persaingan sperma. Sejak awal mula , laki-laki telah bersaing satu sama lain untuk mendekatkan sebanyak mungkin sperma mereka dengan sebuah telur yang mungkin subur.

Kompetisi semacam ini adalah sebuah keharusan evolusi untuk pria dari setiap spesies. Jika saingan spermanya membuahi telur, maka kesempatan untuk meneruskan gen Anda akan hilang.

Tapi kalau ini hanya masalah “lebih banyak lebih baik,” maka semua spesies hewan akan berevolusi secara konyol. Karena testis besar yang akan memenangkan kompetisi.

Tapi tidak sesederhana itu, meski jumlah juga penting, begitu juga jarak. Pencarian telur bukan hanya tentang berapa banyak dapat menghasilkan sperma. Hal ini juga tentang seberapa dekat.

Pada awal 1980, para peneliti di Britania Raya dan Amerika Serikat menyadari bahwa baik kedekatan dan jumlah merupakan faktor penting dalam fisiologi primata, termasuk manusia.

Di masyarakat primata dengan struktur sosial yang kaku dan satu pria dominan berpasangan dengan semua perempuan, testisnya cenderung kecil. Pada gorila, misalnya, mereka relatif sangat kecil dibandingkan berat badannya.

Dalam kawanan gorila, satu jantan membela betina haremnya untuk memastikan hanya spermanya yang akan berada di dekat telurnya. Dalam hal ini, membuat banyak sperma tidak benar-benar membantu gorila jantan mencapai tujuannya.

Untuk simpanse, sebaliknya, persaingan sperma adalah masalah serius. Dalam masyarakat simpanse, banyak jantan dan betina hidup bersama dalam pasukan besar, dan betina berhubungan seks dengan banyak jantan dalam waktu yang singkat.

Inilah sebabnya mengapa simpanse jantan memiliki testis terbesar dari semua kera besar, beratnya sekitar 15 kali lebih besar dari gorila, relatif terhadap berat badan mereka. Ini memberinya kesempatan yang lebih baik dalam kompetisi.

Manusia berada di suatu tempat di antara gorila dan simpanse. Testis pria rata-rata sekitar dua setengah kali gorila, tetapi enam kali lebih kecil dari simpanse, relatif terhadap berat badan.

Hal ini menyebabkan beberapa peneliti mempertanyakan apakah kompetisi sperma pernah berhasil dalam kawanan manusia, atau apakah testis kita relatif besar hanya untuk memegang rekor dari periode sejarah evolusioner kita.

One comment on “Mengapa Pria Harus Mengeluarkan Banyak Sperma Waktu Ejakulasi

  1. fajar
    Juli 13, 2010

    belum tentu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Juli 8, 2010 by in Kesehatan Sexual and tagged , , .
%d blogger menyukai ini: