Berita Nusantara

Berita Dunia, Gosip, Bisnis, Artis, Humor, olahraga.

Energi Gunung Bromo Terus Meningkat

Kendati tampak tenang, energi Gunung Bromo terus meningkat. Aktivitas kegempaannya juga terus berlangsung meski amplitudo maksimalnya sedikit menurun.

Gunung BromoKepala Pos Pengamatan Gunung Bromo di Dukuh Cemorolawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Muhammad Syafi’i mengatakan, sepanjang pukul 00.00-09.52 terjadi 18 gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo 8-38 milimeter. Adapun tremor yang terjadi beramplitudo maksimum 2-5 mm.

Pada Selasa (23/11/2010) tercatat 20 gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo 10-40 mm dan lama gempa 7,5 detik-15 detik. Selain itu, terjadi juga tremor dengan amplitudo 4-30 mm. Kendati gempa terkesan berkurang, kata Syafi’i, energi gempa vulkanik secara kumulatif meningkat.

Selain itu, dari pemantauan dengan menggunakan tiltmeter kemarin, terlihat penggembungan gunung. Karena itu, status “Awas” tetap dipertahankan untuk Gunung Bromo. Rekomendasinya, wilayah di radius 2,5-3 kilometer terutama kawasan kaldera atau lautan pasir harus steril dari manusia. “Desa terdekat masih aman,” tambah Syafi’i.

Dari pos pantau Gunung Bromo di Cemorolawang, sejak tengah hari terlihat asap solfatara semakin pekat. Sekitar pukul 13.00, asap juga terlihat kekuningan tipis tanda adanya kandungan belerang. Asap juga tampak tebal memenuhi kawah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 24, 2010 by in Nasional and tagged .
%d blogger menyukai ini: